Skip to main content
Klik DI SINI Rekomendasi Termurah Terbaik Perlengkapan Dekorasi Pesta Natal dan Tahun Baru 2025, Happy Shopping Guys !!
Menu

6 Tips Mengadakan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah

6 Tips Mengadakan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah
6 Tips Mengadakan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah

6 Tips Mengadakan Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah

Ada alasan tersendiri mengapa orang tua ingin merayakan pesta ulang tahun buah hati. Baik itu bentuk rasa syukur, hadiah bagi si anak dan lainnya. Merayakan ulang tahun tidak harus menyewa gedung atau tempat. Anda tetap bisa membuatnya di rumah.

Supaya tidak kalah menarik dan meriah, ada berbagai macam persiapan yang perlu Anda perhatikan. Dengan begitu semuanya bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Selain itu juga bisa mengurangi kemungkinan resiko yang akan terjadi. Berikut beberapa tipsnya.

1. Buat List Tamu Undangan

Pertama, buat list atau daftar tamu yang akan diundang ke acara pesta ulang tahun nanti. List ini akan jadi acuan Anda untuk mempersiapkan anggaran dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Misalnya saja, tamu undangan nantinya adalah keluarga besar, kerabat dekat, dan teman-tema di sekitaran rumah. Maka tulis secara jelas jumlahnya. Misalkan ada 40 orang ya berarti tuliskan 40. Dari jumlah tersebut akan terlihat perkiraan akumulasi anggarannya.

2. Buat Perhitungan Anggaran Acara

Meskipun sudah apa perkiraan anggaran yang akan keluar, sebaiknya buat rencana pengeluarannya sedari awal. Tujuannya adalah untuk menghindari anggaran yang membengkak cukup banyak.

Sebagai gambarannya begini Anda sudah mempersiapkan anggaran sekitar Rp. 2.000.000 untuk pesta ulang tahun anak. Namun pada saat perhitung ternyata biaya yang dibutuhkan jauh lebih banyak dari anggaran awal.

Maka langkah terbarunya yakni dengan mengurangi bagian yang mungkin masih bisa dikurangi atau dihilangkan. Dengan begitu acara bisa berjalan sesuai keinginan namun tidak membuat kantong Anda jebol.

3. Pilih Hari yang Tepat

Meskipun pada dasarnya hari ulang tahun sudah ditentukan. Namun sebaiknya usahakan untuk memilih hari yang paling tepat. Kadang kebanyakan orang tua justru rela merayakan ulang tahun tidak tepat di hari kelahirannya.

Alasannya tentunya beragam. Mulai dari perkiraan tamu undangan tidak bisa hadir, hari kerja, dan lainnya. Oleh sebab itu opsi terbaiknya adalah dengan memilih waktu yang memang menurut Anda tepat untuk mengadakan acara dan mengundang para kerabat.

4. Siapkan Temanya

Jika semua hal di atas sudah dilakukan, maka selanjutnya siapkan tema untuk pesta ulang tahun buah hati. Tema nantinya akan membantu Anda mempersiapkan berbagai macam perlengkapan yang pas dan senada.

Lucu rasanya jika dalam satu acara ada banyak sekali perlengkapan dan aksesoris yang saling bertabrakan. Menentukan tema pada dasarnya sangat mudah. Misalnya dengan warna favorit anak atau karakter kartun dan hewan kesukaannya.

5. Siapkan Kue Ulang Tahun

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang menjadi perhatian pada acara ulang tahun. Namun kue seringkali jadi pusat perhatian bagi para tamu undangan. Oleh sebab itu jangan asal dalam memilih kue. Tentukan kue yang tepat, mulai dari desain, ukuran, bentuk, hiasan dan lainnya.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan para tamu. Sesuaikan ukuran kue dengan jumlah tamunya. Dengan begitu mereka bisa ikut serta mencicipi kue ulang tahun anak. Selain itu Anda juga bisa menyiapkan kue berbentuk cupcake yang nantinya bisa dibagikan kepada tamu.

6. Persiapkan Perlengkapan dan Souvenir

Terakhir siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk memeriahkan acara. Beberapa diantaranya adalah baju, dekorasi, topi atau bando, meja, kertas undangan, piring kertas, aneka makanan dan lainnya.

Jika memang diperlukan sebaiknya siapkan juga souvenir atau bingkisan. Souvenir ini nantinya akan jadi tanda ucapan terima kasih kepada tamu undangan yang sudah hadir. Isinya bebas, tinggal sesuaikan saja dengan anggaran dan tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menggelar acara pesta ulang tahun anak di rumah tentunya tidak kalah meriah dengan acara di gedung atau restoran. Dengan persiapan dan perencanaan yang bagus maka acara ulang tahun bisa berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan.

Ulasan

Newest Post